Profil Shanks

Posted by :

Patrick Jefferson

Date:

Sunday, August 4, 2013

STATISTIK

  • Nama Kanji: シャンクス
  • Nama Romaji: Shankusu
  • Nama Inggris: Shanks
  • Debut Perdana: Chapter #1 ; Episode #4
  • Afiliasi: Bajak Laut Rambut Merah, Yonkou, Bajak Laut Roger (Dulu)
  • Pekerjaan: Bajak Laut, Kapten, Bajak Laut Magang (Dulu)
  • Julukan: "Red-Haired Shanks" (赤髪のシャンクス Akagami no Shankusu)
  • Pengisi Suara Jepang: Shuuichi Ikeda
  • Pengisi Suara Inggris (Odex): Christian J. Lee
  • Pengisi Suara Inggris (4Kids): Tom Souhrada
  • Pengisi Suara Inggris (Funi): Brandon Potter
  • Umur: 27 (Chapter 1) ; 37 (Chapter 1 - 597) ; 39 (Chapter 598 - Sekarang)
  • Tanggal Lahir: 9 Maret





Shanks si Rambut Merah adalah kapten dari Bajak Laut Rambut Merah (Akagami Pirates) dan salah satu dari Yonkou.
Dia adalah bajak laut yang menginspirasi Luffy untuk memulai perjalanannya sebagai bajak laut. Dia juga orang yang menemukan Buah Setan Gomu Gomu no Mi dan secara tidak sengaja dimakan oleh Luffy.

PENAMPILAN

Shanks terlihat selalu memakai jubah hitam panjang, dan sampai ia bertemu Luffy, dia mengenakan topi jerami yang nampaknya telah digunakan dalam waktu yang lama. Awalnya, dia mengenakan celana coklat yang agak longgar dengan panjang dibawah lutut sebatas tulang kering dengan hiasan emas di pinggiran ujung celana. Baru-baru ini ia terlihat mengenakan sepatu yang sama, tapi lebih longgar dengan pola berbunga. Dia memakai sandal dan mempunyai janggut pendek dengan bekas cukuran yang tidak rapi.

Dalam semua penampilan selama menjadi kapten, Shanks mengenakan kemeja putih dengan hanya dikancing setengahnya, meninggalkan dadanya yang terbuka. Memakai sabuk merah besar di pinggang, yang juga digunakan untuk menaruh pedang di sisi kanannya. Awalnya, pada Chapter 1, kemejanya dimasukkan ke dalam sabuk. Namun, dalam penampilannya setelah pergi dari kampung halaman Luffy, kemeja itu dikeluarkan dan tidak dimasukkan ke dalam sabuk.

Hal yang paling mencolok dari Shanks adalah rambut merahnya, dimana dia mendapatkan julukan "Akagami no Shanks". Dia juga memiliki tiga bekas luka di mata kirinya, yang dikatakan bahwa dia mendapatkan luka tersebut dari Kurohige, dia juga kehilangan lengan kirinya karena menyelamatkan Luffy dari Monster Laut.

Pada awal One Piece, Shanks memiliki kemiripan dengan Luffy. Dengan berubahnya gaya Oda, maka Shanks mulai terlihat lebih jelas. Bentuk mata terlihat lebih tajam. Hidungnya menjadi lebih berbentuk, mirip dengan bentuk hidung dari Nico Robin. Rambut merahnya juga menjadi lebih panjang, dengan poni yang melebar ke samping.

KEPRIBADIAN

Shanks adalah salah satu karakter yang paling santai di dunia One Piece, dimana ia lebih memilih untuk menikmati waktu bersama kru-nya untuk berkeliling dunia daripada buru-buru pindah dari satu tempat ke tempat lain. Shanks juga tidak menunjukkan sifat kejam seperti kebanyakan kapten bajak laut lainnya, dia juga tidak memerintah anak buahnya dengan kejam untuk mendapatkan rasa hormat. Sifat ramahnya menunjukkan bahwa dia tidak akan mencelakai orang lain, dia bahkan mampu membuat seorang Mihawk yang serius untuk ikut bersenang-senang. Walaupun awalnya dia muncul dengan pemikiran yang sederhana, Shanks adalah orang yang memiliki pandangan kompleks dan banyak orang sulit memahaminya. Misalnya, ia percaya bahwa jika dua orang memiliki pandangan yang berbeda, lebih baik mereka berpisah.

Shanks tampaknya tidak keberatan dengan apa yang terjadi pada dirinya. Dia akan menerima lemparan makanan dan minuman atau orang yang meludahinya tanpa melawan dan malah tertawa bersama kru-nya. Bahkan kehilangan lengan pun sepertinya buka masalah bagi dirinya. Namun dia tidak akan pernah memaafkan seseorang yang melukai temannya sendiri.

Shanks dan kru-nya terliah selalu berpesta dan minum-minuman beralkohol setiap kali kemunculannya. Berdasarkan pernyataan Oda, Shanks adalah salah satu karakter yang mempunyai sifat mirip dengannya, karena mereka sama-sama suka berpesta dan memiliki kepribadian yang ceria.

Shanks juga menentang pertempuran darah yang tidak diperlukan, bahkan jika kehormatannya dipertaruhkan, sejauh ini dia berkelahi hanya ketika temannya dalam bahaya. Dia juga tampaknya mengagumi orang yang memiliki keberanian, seperti yang terlihat ketika Luffy kecil berdiri untuk melawan Higuma yang telah menghina Shanks dan juga ketika ia melihat Coby mengumpulkan keberaniannya untuk menghentikan perang sebagai seorang Angkatan Laut muda yang percaya bahwa tidak ada gunanya untuk melanjutkan perang.

Shanks juga memiliki keterampilan dalam hal diplomasi, seperti yang ditunjukkan saat ia menjadi perantara dalam perang antara Bajak Laut Shirohige dan Pemerintah Dunia. Berkat keahliannya dalam hal diplomasi itu, dia berhasil meyakinkan Sengoku untuk setuju dengan usulnya, meskipun Sengoku memiliki kebencian yang sangat besar pada Bajak Laut. Dia juga suka menggoda orang, seperti reaksi yang ditunjukkannya kepada Luffy. Oda juga menyatakan bahwa jika seorang anak kecil meminta Buah Iblis kepada Shanks, Shanks akan menipu anak tersebut dengan mengatakan bahwa umurnya berkurang 10 tahun setiap memakan satu buah iblis. Shanks sendiri mirip dengan Luffy (saat ia masih kecil) pada masa mudanya.

Meskipun hampir terlihat selalu tenang dan berani, ia juga pernah menunjukkan sisi dirinya yang suka panik saat membuat kesalahan. Dia juga tampaknya menyimpan hal yang bersifat pribadi dalam dirinya, seperti ketika ia menceritakan tentang 3 bekas luka miliknya kepada Shirohige, ia berubah menjadi serius menceritakan situasi yang ia rasakan saat berada di sekitar Kurohige.

Meskipun ia telah berkeliling dunia, Shanks percaya bahwa Sake terbaik hanya bisa ditemukan di kampung halamannya, West Blue. Dia juga mengatakan bahwa alkohol sebagai "air penyembuhan" saat ia bertemu Shirohige. Seperti karakter lain di One Piece, Shanks memiliki suara tertawa yang unik, yaitu memulai suara ketawanya dengan "Da", seperti: Dahahahahaha!

KEMAMPUAN DAN KEKUATAN

Sedikit yang diketahui tentang kemampuan Shanks, karena ia belum terlihat sangat terlibat dalam pertempuran. Namun, sebagai salah satu Yonkou di Dunia Baru, kekuatan fisiknya sangat besar bahkan kehilangan sebuah lengan pun tidak melemahkan dirinya. Shanks tidak takut terhadap Shirohige, bajak laut terkuat sedunia, sedangkan beberapa bajak laut langsung takut hanya dengan mendengar namanya. Rockstar juga menggunakan nama kaptennya untuk menyampaikan kepada Shirohige tentang surat yang begitu penting. Dengan kekuatannya yang cukup besar untuk berbenturan dengan Shirohige, dia ditakuti hampir oleh semua bajak laut. Hal ini juga dinyatakan oleh Gorosei, ia adalah salah satu dari sedikit orang yang mampu menghentikan Kurohige.

Dia juga terlihat sebagai perenang yang handal, ditunjukkan saat ia berenang menghampiri Luffy di tengah laut sebelum Monster Laut berhasil melahapnya. Menurut Buggy sebagai seorang pemuda, Shanks adalah seorang pejuang yang kuat, bahkan Buggy juga menginginkan Shanks untuk menjadi kru-nya.

Sebagai anggota Yonkou, nama Shanks saja sudah cukup untuk mendatangkan ketakutan. Seperti yang dibuktikan oleh Buggy, bahwa ia mengatakan memiliki "hubungan darah" dengan Shanks dan dengan cara itu Buggy berhasil mendapatkan sedikit kehormatan di mata para narapidana Impel Down. Selain itu, Buggy tidak malu menggunakan nama Shanks dan mantan kaptennya, Gol D. Roger untuk membuatnya dihormati narapidana yang lain. Bahkan fakta bahwa Buggy kembali berbicara dengan Shanks terlihat sebagai bukti kekuasaan Buggy di mata para mantan narapidana, hal ini membuat para narapidana beranggapan bahwa Buggy tidak takut terhadap Yonkou sekalipun. Perintah Shanks memiliki kekuatan yang cukup untuk menghentikan perang Marineford hanya dengan kata-kata.

Ketika ia ditawari untuk melawan "Kurohige" Teach yang sombong, (pada saat dia berbohong tentang menghancurkan pulau dan mengalahkan Fleet Admiral Sengoku dan Vice Admiral Garp) Shanks menolaknya dan memutuskan untuk pergi. Hal ini cukup menarik karena Teach kemudian bergegas untuk membereskan Shirohige (meskipun Shirohige sudah terluka sangat parah), yang dianggap sebagai orang paling kuat di dunia dan monster yang tidak sama dengan lainnya, namun dia merendah untuk melawan Shanks.

Selanjutnya, ketika ia meminta agar kehormatan Shirohige dan Portgas D. Ace saat kematian tidak dilanggar, Sengoku kemudian memutuskan untuk menghentikan perang, dan memutuskan untuk bertanggung jawab, menunjukkan bahwa meskipun sebagai bajak laut, ia telah menerima hormat dari Sengoku, sesuatu yang tidak pernah didapatkan oleh bajak laut selain Shirohige.

Kemampuan Berpedang

Shanks kadang-kadang diperlihatkan sebagai seorang pendekar pedang. Sepuluh tahun yang lalu Shanks mampu berenang, itu berarti bahwa dia tidak mengkonsumsi Buah Iblis pada saat ia adalah saingan Mihawk.

Meskipun keterampilan berpedangnya hanya ditunjukkan sesekali, namun fakta bahwa ia bisa menyamai kekuatan pukulan Shirohige hanya dengan satu tangan merupakan indikasi bahwa dia memiliki kekuatan yang besar dibalik serangannya. Shanks juga cukup kuat untuk menghentikan tinju magma Akainu menggunakan pedang dan Busoshoku Haki. Sejak Mihawk diklasifikasikan sebagai pendekar pedang terkuat di dunia, dan Shanks adalah mantan rivalnya, dapat diasumsikan bahwa Shanks adalah pendekar pedang yang ahli.

Shanks tampaknya lebih menyukai lengan kirinya daripada lengan kanannya. Hal itu dikarenakan dia selalu terlihat memegang pedang dengan tangan kirinya saat kilas balik.

Haki

Shanks dapat memanfaatkan setidaknya dua dari tiga jenis Haki. Shanks telah menunjukkan penguasaan atas dua jenis Haki yang ia gunakan. Bahkan Shirohige menghormati Shanks atas kemampuan Haki yang ia tunjukkan dalam "kunjungan"-nya.

Haoshoku Haki

Shanks mampu menggunakan Haoshoku Haki, kemampuan yang hanya dimiliki oleh satu dari satu juta orang di dunia.
Setelah menyelamatkan Luffy dari Monster Laut, Shanks mampu membuat monster itu takut hanya dengan sorot mata tajam yang penuh kemarahan dengan menggunakan kemampuan Haki ini. Kemudian, saat kunjungannya ke kapal Shirohige, sejumlah besar kru bajak laut Shirohige (orang berpengalaman yang telah bertahan di Dunia Baru) menjadi kehilangan kesadaran dan kapal itu pun mulai menerima kerusakan akibat kedatangan Shanks. Salah satu kru dari Shirohige mengatakan bahwa ini adalah Haki unggulan.
Disebutkan Oda dalam SBS bahwa Shanks bisa menyingkirkan 100.000 bajak laut dan manusia ikan yang menentang Topi Jerami dalam Fishman Island Arc dengan menggunakan Haoshoku Haki (Luffy berhasil mengalahkan 50.000).

Busoshoku Haki

Saat Shanks dan Shirohige saling berbenturan dengan senjata mereka masing-masing, "langit" di atas mereka menjadi terbelah, mengisyaratkan bahwa Yonkou memiliki Busoshoku Haki yang kuat di dalam jiwa mereka.
Selama Pertempuran di Marineford, Shanks juga menambahkan Busoshoku Haki kedalam pedangnya. Seperti ketika ditunjukkan untuk menahan serangan tinju magma Akainu.

Senjata

Sejauh ini di dalam seri, Shanks hanya terlihat menggunakan pedang dalam pertempuran. Pedangnya terlihat seperti mandau, namun dalam ukuran yang lebih besar daripada aslinya. Pedang itu memiliki ujung pisau tunggal dengan gagang yang besar.
Shanks diperlihatkan memegang dua pedang yang berbeda saat menjadi bajak laut magang untuk kapal bajak laut Gol D. Roger dan satu lagi selama tinggal di kampung halaman Luffy.

1 comments:

Unknown said...

Nice info gan...

Copyright © 2012 Catatan Anime | Accel World Theme|Powered byCatatan Anime | Designed by Patrick Jefferson