Profil Monkey D Luffy

Posted by :

Patrick Jefferson

Date:

Tuesday, July 23, 2013

Monkey D Luffy (After Timeskip)


Monkey D. Luffy, atau yang dikenal dengan sebutan "Luffy si Topi Jerami" dan umumnya sebagai "Topi Jerami", adalah seorang bajak laut dan karakter protagonis utama dari anime & manga One Piece. Dia adalah putra dari Komandan Tentara Revolusioner, Monkey D. Dragon, cucu dari angkatan laut terkenal, Monkey D. Garp, anak angkat dari bandit gunung, Curly Dadan, dan saudara angkat dari almarhum Portgas D. Ace dan Sabo. Tujuan hidupnya adalah untuk menjadi Raja Bajak Laut dengan mencari harta karun legendaris yang ditinggalkan oleh Raja Bajak Laut, Gol D. Roger. Ia percaya bahwa menjadi Raja Bajak Laut akan memberikan kebebasan yang paling besar di dunia. Dia telah memakan Gomu Gomu no Mi, yang membuatnya menjadi manusia karet. Sebagai pendiri dan kapten Bajak Laut Topi Jerami, ia adalah anggota pertama yang merekrut kru, dan salah satu dari 3 pejuang dalam kelompok bajak laut itu.

Luffy terkenal karena sering membuat masalah, seperti menantang Shichibukai, Angkatan Laut, dan bahkan Yonkou, melakukan tindakan yang dianggap sebagai kejahatan oleh Pemerintah Dunia. Dia telah mendapatkan reputasi sebagai orang yang "sembrono" dan beberapa tindakan "gila", seperti menyebabkan insiden di Enies Lobby, masuk dan keluar dari penjara Impel Down, dan bergabung dalam pertempuran Marineford.
Oleh karena itu, dia terkenal karena menjadi satu-satunya bajak laut yang tidak hanya masuk ke 3 fasilitas pemerintah yang paling tinggi, tetapi juga berhasil melarikan diri dari masalah itu. Termasuk fakta bahwa ia memukul Teryuubito dengan pengetahuan akan konsekuensi yang akan didapatkannya, hal ini telah menyebabkan Luffy diberi label sebagai "Orang Yang Berbahaya Di Masa Depan", mendapatkan amarah dari Fleet Admiral Sakazuki, serta membuat banyak Marine sebagai musuhnya.

Dengan semua ulahnya, pemerintah memberikan hadiah 400.000.000 Berry untuk kepalanya, salah satu dari bounty tertinggi yang diberikan. Mempunyai bounty 300.000.000 Berry saat kedatangannya di Pulau Sabaody, Luffy adalah salah satu dari sebelas orang bajak laut rookie yang dijuluki sebagai "The Eleventh Supernovas", mereka adalah para bajak laut pemula dengan jumlah bounty diatas 100.000.000 Berry yang telah mencapai Red Line.

PENAMPILAN

Luffy terkenal karena topi jerami-nya, yang dipinjamkan oleh bajak laut legendaris, Akagami Shanks, yang sebelumnya dia terima dari Gol D. Roger. Dia memakai celana pendek bersama dengan sandal dan rompi merah tanpa lengan. Luffy juga memiliki luka bekas jahitan di bawah mata kirinya (yang ia peroleh dengan menusuk pisau di bawah mata untuk menunjukkan kepada Shanks bahwa ia tangguh) dan rambut hitam pendek. Dia terluka parah oleh Akainu dalam Pertempuran Marineford, meninggalkan bekas luka berbentuk "X" besar di dadanya. Sebelum timeskip, dia bertubuh kecil dan pendek dari beberapa karakter lainnya.

  • Sebelum Timeskip

Sama dengan beberapa kru laki-lakinya, Luffy menggunakan pakaian yang sama sepanjang seri, bertentangan dengan kru lainnya (terutama Nami dan Nico Robin), yang sering merubah penampilan. Luffy memakai pakaian berbeda hanya untuk menyesuaikan dengan iklim pulau yang dikunjunginya (seperti jaket berkerudung di Drum Island atau jubah gurun di Alabasta), yang akan kembali beralih ke rompi merah dan celana pendek biru saat petualangan di pulau itu sudah berakhir. Meskipun demikian, ia akan memakai pakaian yang biasa dalam berbagai warna dan dikenal sebagai alat olahraga untuk orang lain dari waktu ke waktu.
  1. Selama Drum Island Arc, dia mengenakan dua parka, yang pertama adalah jaket merah tua dengan bulu di pergelangan tangan, kap, dan hem, yang kedua adalah jaket berkerudung dengan warna putih, oranye, dan kuning terang, yang dikenakan oleh Nami awalnya.
  2. Selama Alabasta Arc, ia mengenakan jubah gurun yang terdiri dari jubah merah gelap dengan cincin putih menghiasi kedua lengan dan pembungkus cahaya biru di atas kepalanya.
  3. Selama Skypiea Arc, ia mengenakan gelang hitam di sekitar pergelangan tangan kirinya dengan bangle putih di atasnya.
  4. Selama Long Ring Long Land Arc, Luffy mengenakan gaya rambut afro, celana pendek merah tua, perban di kakinya, serta mendapatkan sebuah gambar dari tengkorak biru menyala yang dicat secara silang di dada ketika melawan Foxy.
  5. Selama Enies Lobby Arc, dia mengenakan celana pendek hitam karena celana itu memiliki kantong yang bisa membawa daging di dalamnya.
  6. Pasca Enies Lobby Arc, Luffy mengenakan T-Shirt putih dengan emblem Galley-La Company berwarna merah, dengan garis merah melingkar di sekitar bahu dan kerah baju, serta celana pendek berwarna biru tua.
  7. Selama Thriller Bark Arc, ia mengenakan rompi oranye dan celana pendek merah. Setelah pertempuran melawan Moria di Thriller Bark, Luffy menggunakan hiasan gelap, gelang permata di sekitar bisep kirinya. Gelang ini kemudian diturunkan menjadi peta yang mengarah ke harta karun Kapten John, dimana Buggy berusaha mendekati Luffy dan merayu dia untuk memberikan gelang tersebut kepadanya sebagai ganti jasa navigasinya selama di Impel Down.
  8. Selama Sabaody Archipelago Arc, ia mengenakan rompi biru dan celana pendek hitam.
  9. Selama Amazon Lily Arc, Luffy mengenakan rompi biru muda dengan celana pendek merah.
  10. Selama Impel Down Arc, Luffy mengenakan pakaiannya dari saat ia berada di Amazon Lily, sampai dia selesai bertarung melawan Magellan, setelahnya Inazuma mengganti pakaiannya dengan rompi berwarna kuning cerah.

Tidak peduli dimana dia berada, Luffy selalu memakai Topi Jerami-nya, meskipun topi itu tidak bisa menjaganya dari serangan ke kepala, hal itu memaksa Luffy untuk menyimpannya atau menitipkannya kepada seseorang selama pertempuran. Dari Alabasta Arc dan seterusnya, topi-nya dijahit kembali oleh Nami dengan menambahkan tali sehingga memungkinkan Luffy untuk menggantungnya di leher saat perkelahian.  
Saat kembali ke Marineford untuk memberikan doa, Luffy sempat ditunjukkan memiliki 4 karakter yang ditulis di lengan kananya dan bertuliskan "3D2Y", dengan "3D" dicoret, menandakan kepada kru-nya bahwa mereka harus bertemu lagi setelah 2 tahun (2Y) bukan 3 hari (3D) seperti yang direncanakan saat melarikan diri dari Bartholomew Kuma. 

  • Setelah Timeskip

Setelah dua tahun, beberapa hal telah berubah. Luffy mengenakan kemeja lengan panjang dengan kancing terbuka, menunjukkan bekas luka "X" yang ditinggalkan oleh Admiral Akainu, dengan sabuk kuning yang diikatkan di pinggang, mengingatkan pakaian Gol D. Roger. Dia telah tumbuh menjadi lebih tinggi, dan terbukti secara signifikan lebih berotot karena pelatihan. Hal ini dapat dilihat dalam kasus dimana lehernya sedikit lebih tebal, dan dada terlihat lebih bidang.
Selama Punk Hazard Arc, ia mengenakan mantel musim dingin yang panjang dengan strip horizontal merah dan putih, bersama dengan penutup telinga berwarna kuning, dimana dia mencurinya dari Brownbeard's Centaur Patrol Unit.


BIODATA PRIBADI

  • Nama Lengkap:
    Monkey D. Luffy (モンキー・D・ルフィ Monkī Dī Rufi)
  • Julukan:
    Luffy si Topi Jerami (The Strawhat / Mugiwara no Rufi)
  • Nama Panggilan:
    Luffy
  • Kelompok:
    Dadan Family (Dulu)
    Bajak Laut Topi Jerami (Sekarang)
  • Jabatan:
    Kapten Bajak Laut Topi Jerami
  • Tanggal Lahir:
    5 Mei
  • Umur:
    7 (Chapter 1), 17 (Chapter 1-597), 19 (Chapter 598-Sekarang)
  • Tinggi:
    172 cm
  • Hobi:
    Makan daging
  • Kekuatan:
    Buah Iblis Gomu Gomu no Mi (Manusia Karet)
  • Tipe Buah Iblis:
    Tipe Buah Paramecia
  • Cita-Cita:
    Menjadi Raja Bajak Laut
  • Harga Buruan (Bounty):
    30.000.000 (Dulu) ; 100.000.000 (Dulu) ; 300.000.000 (Dulu) ; 400.000.000 (Sekarang)




1 comments:

Unknown said...

Masih ada 1 lagi kekuatan Luffy. yaitu : HAKI yang telah diajarkan oleh Reyleigh selama 2 Tahun setelah Marine Ford.....

Copyright © 2012 Catatan Anime | Accel World Theme|Powered byCatatan Anime | Designed by Patrick Jefferson